Blues Lesson

Posted: 4 Desember 2008 in Uncategorized

Sedikit Mengenai Blues
Sangat rumit untuk menjelaskan musik blues dari mana seharusnya mulai karena teori sangat luas. Saya cuma mengantarkan user website ini ke tahap yang cukup sebagai dasar melangkah dan menyenangi genre ini. Dengan dasar ini anda akan sangat mudah nantinya mendengar nada blues dari para musisi dunia dan nada apa yang mereka mainkan.

Lalu Kenapa Harus Menyukai Blues?
Karena banyak hit muncul dari genre ini misal Red House, Little Wing (Jimi Hendrix ). Ya paling nggak acuannya dari Top 100 gitaris virtuoso hampir 80% mereka datang dari Genre blues. Atau rata-rata mereka berasal dari Western dan kayaknya western identik dengan blues dan turunannya sementara dari Europe memainkan Classic. Dan menurut saya garis besar perbedaan musik berada pada musik Amerika (blues-pentatonic) dan Musik Eropa (klasik-diatonic) ya tentu dengan penjabaran lanjutannya. Karena ini site blues maka penjabaran akan sampai ke scale-scale penting yang harus dipahami kalau ingin memainkan blues. Bisa blues gampang ke rock n roll, rockabilly juga ke jazz karena ada modes.

Metode Belajar di Made Blues
Saya nggak akan ngomong banyak sama teori tetapi langsung praktek. Kalau perlu silahkan cari dan baca di tempat lain. Belajar musik ibarat belajar bahasa. Misalnya tata bahasa dan kosa kata. Semakin banyak kosa kata semakin banyak yang bisa diucapkan. Jadi ikuti saja teori praktis dan contoh dasar yang disajikan maka tidak begitu lama anda akan bisa memainkan kalimat nada. Karena blues itu nadanya itu-itu saja maka memainkan nada musisi lain sah-sah saja dan banyak musisi papan atas blues adalah influenced atau terpengaruh blueser pendahulu. Sebut saja SRV salah satu terpengaruh oleh T-Bone Walker atau Eric Clapton memainkan Robert Johnson. Atau Chuck Berry hampir mempengaruhi rhytm blues pada umumnya. Pokoknya tiru habis nada para musisi itu kalau mampu.

Berikut adalah nama-nama blueser yang kerap dipakai acuan belajar oleh para musisi dari generasi ke generasi:
Jimi Hendrix (Guitar virtuoso – ahlinya ahli)
Albert Collins (Ice Pickin`)
Albert King (raja bending)
B.B. King (The King of Blues)
Big Bill Bronzy (folk blues yang banyak mempengararuhi peta blues dunia dari angkatan Robert Johnson, setidaknya nama ini sangat populer di papan atas blues)
Buddy Guy (natural modern blues – orang yang banyak berjasa dalam sejarah blues, memainkan blues beda dengan yang lain dangan sangat natural dan klasik, setidaknya Eric Clapton yang berkomentar)
Bonie Rait (ratu slide yang banyak dipengaruhi oleh Howlin Wolf dan Junior Well, Mudy Water dan Lowell George)
Canned Heat (modern progressive)
Charlie Christian (yang paling besar jasanya mempopulerkan electric guitar, tapi lalu ke jazz yang kemudian sound jazz sekarang adalah kreasi dia – Charlie Tone)
Charlie Musselwhite (Pelopor sound harmonica diadaptasi ke gitar)
Corey Harris (ortodok natural blues)
Chris Thomas King (blues guitar resonance tidak banyak musisi dengan guitar reso dan ia salah satu yang konsisten)
Chris Whitley (country blues dengan guitar reso sebagai andalan)
Dion (Bronx blues – akustik soul)
Driftin’ Slim (ortodok blues – harmonica virtuoso)
Duanne Allman (the allman brothers, siapa yang nggak kenal ini, banyak fan fanatik yang minta biografi keluarga bluesman ini)
Eric Clapton (pop blues virtuoso – pelopor unplug tahun 2000an, nyebrang dari eropa ke amerika dan akhirnya jadi blueser tulen yang mencetak Santana dan juga Bob Marley, orang akhirnya bilang Eric sebagai bluesman, dan sejak itu blueser disebut juga bluesman)
Freddie King ( swing – funky blues)
Fred McDowell (akhirnya artis blues ortodok Mississippi juga mempelopori kebangkitan blues di sana)
Gary Moore (akhirnya nyebrang ke blues dan pelopor sweet rock blues)
George Thorogood (pada jamannya panutan blues rock)
Greg Koch (multi stylist blues – chicken pickn’ – fender indor musician)
Guitar Shorty (mengenalkan fuzz sound ke blues)
Guitar Slim (perintis blues bar)
Harmonica Slim (harmonica virtuoso – blues vocalis, pengembang suara pecah pada vocal yang sekarang vocalis blueser harus bisa)
Hubert Sumlin (perintis progressive blues)
James Blood Ulmer (pengembang blues jazz yang memainkan modes – ‘modal’ Ionian sampai Locrian).
James Cotton (harmonica virtuoso yang memainkan modes)
Jimmie Vaughan (kakak Stevie Ray Voughan -SRV yang berjasa mendorong SRV jadi blues virtuoso)
Jimmy Dawkins (sebutannya Guitar King pada jamannya)
Jimmy Johnson (funky blues dengan progressive grunge – banyak memberi inspirasi lahirnya rockabilly dengan beat-beat yang aneh untuk blues yang kemudian Albert King juga melahirkan Rumba blues)
Jimmy Reed (paling banyak disebut-sebut mempengaruhi banyak musisi blues termasuk SRV)
Jody Williams (phrase dan feelnya banyak mempengaruhi musisi lain generasi berikutnya dengan pattern-pattern seperti blues box. Turn arround yang sangat variatif – chicken pickn’ dipelopori salah satunya oleh dia sangat kentara pada lagu: Henpecked And Happy)
Joe Louis Walker (slide guitar blues virtuoso)
John Hammond, Jr. (hammond memang keluaga blueser seperti Allman Brothers yang juga sangat terkenal)
John Jackson (pelopor country blues dengan slide)
John Lee Hooker (sangat banyak mempengaruhi blueser lain dengan chord-chord tunggalnya dan sound out karena feel – sering diaebut sebagai legendaris seperti halnya Robert Johnson)
John Mayall (rock funky blues terkenal bareng Eric Clapton)
Johnny Winter (Johny Guitar sebutannya yang salah satu Texas guitar virtuoso yang mana pada jamannya musiknya adalah pembaharuan)
Jonny Lang (menjadi blueser termuda pada jamannya dan th 2006 baru 17 th dan sebelum itu menjadi buah bibir para senior blueser dan menjadi sangat terkenal)
Junior Wells (ortodok blueser ini jadi acuan banyak musisi baru dengan nada-nada klasik bluesnya)
John Williams (ia adalah classic player tapi siapa nyana ternyata juga sangat hebat memainkan blues ala klasik dan sangat solois)
Lightnin’ Hopkins (konsisten dengan kesederhanaan dan feel membuatnya tetap exist sepanjang karir dan banyak mempengaruhi generasi blueser)
Little Mack Simmons (gaya blues manis membuat lagu yang didaur ulang jadi hit lagi)
Little Milton (guitarist blues dengan gaya vocal yang sangat hati-hati mempermainkan riff dan blues form)
Little Walter (satu lagi harmonica virtuoso yang banyak dibicarakan dan jadi acuan musisi lain)
Lonnie Johnson (disebut-sebut sebagai sebagai pelopor jaming di blues walau dipertentangkan pada jamannya tapi lepas dari itu blueser ini paling rajin memainkan appregio pada blues)
Lonnie Mack (pelopor Texas blues rock salah satu yang mempengaruhi SRV)
Magic Sam (Chicago blues history menyebut Sam sebagai bluesman pembawa pembaharuan dan inspirator generasi berikut)
Mike Bloomfield (Chicago blues yang dimainkannya dipengaruhi banyak musik relegius. Kemudian menjadi legend lahirnya blues rock dan gitar rock. Akhirnya Gibson Les Paul bukan saja bagi blueser tapi juga rockers, Mambo blues membuat ia terkenal)
Melvin “Lil’ Son” Jackson (character sound akustik khas dengan vocal blue note yang selalu mewarnai lagunya)
Muddy Waters (salah satu musisi acuan generasi berikutnya)
Otis Rush (juga inspirator bagi SRV, pengembang modes blues yang nada-nadanya jadi masuk ke jazz)
Pete Franklin (legenda turn arround yang akhirnya banyak menjadi pattern standard turn arround di blues serta munculnya riff dan fill bagi solois blueser)
Ray Charles (sebetulnya ia pianis karena jasanya pada blues mesti gitarist musisi juga banyak terinspirasi darinya)
Robben Ford (dari angkatan muda ia adalah nada segar dengan beat-beat yang baru dan sekarang menjadi banyak panutan blueser muda karena juga ia rada jazz progressive)
Robert Johnson (legenda blues yang terkenal dengan judul-judul aneh dan kerap dihubung-hubungkan dengan voo doo seperti: Cross Road Blues, Hell Hound On My Tail, Me And The Devil Blues)
Robert Cray (sangat dipertimbangkan karena melihat sisi blues dari cara yang sederhana walau rada pop tidak mengurungkan B.B. King untuk ngajak ia jaming)
Robert Belfour (angkatan lama ini sangat kreatif dengan beat dan membuat blues menjadi lebih greget lagi untuk dimainkan melihat gayanya, mungkin Jack Johnson terinspirasi gaya ini hentakan pada neck sangat manis seperti kebanyakan lagu jack pada album perdananya)
Robin Trower (ia banyak jasa melahirkan genre power metal, punk rock pada generasi-generasi berikutnya)
Roy Buchanan (orang ini sangat terkenal pada eranya seperti halnya Kurt Cobain ia juga mengakhiri hidupnya di penjara)
Roy Rogers (ia ada yang mengklaim sebagai The King of Rhytm sebutannya adalah The Delta Rhythm Kings, di rock kita punya Keith Richard The Master of Rhytm)
Scott Keeton (pernah merajai rock blues dengan 100 miles blues)
Stevie Ray Vaughan (si jenius blues yang meninggal karena kecelakaan heli akhir generasi berikut 80an mengacu pada SRV seperti halnya di rock kalau bisa Joe Satriani hebat. Dan di blues adalah SRV)
Sue Foley (cewek cantik ini mengejutkan banyak musisi saat kemunculannya pertama kali)
T-Bone Walker (dikenal sebagai Mr. Boogie pengembang boogie wogie blues yang kemudian menjadi boogie pattern, dengan beat tinggi jadi moderate rock dan merupakan musisi yang banyak memberi nuansa blues berikutnya)
Taj Mahal (banyak orang bilang blues orang ini aneh dan sampai sekarang masih digemari dengan andalan yang disebut dengan broken interval dan terkadang double stop mungkin saja double stop Eric Johnson terinspirasi dari sini, siapa tahu?)
Tom Principato & Danny Gatton (dikenal dengan samba bluesnya, lagu-lagunya kerap muncul di bar-bar blues)
U.P. Wilson (musisi dengan sound gitar aneh banyak lagunya adalah swing)

Masih banyak yang belum saya sebut tetapi kalau segini acuan akan menjadi bingung harus terinspirasi dari siapa.

Note: Terinspirasi SRV ibarat belajar sama banyak musisi blues, nama yang sangat layak didengarkan kalau emang maniak sama blues, ia texas blues atau rada rock. Dipengaruhi oleh banyak musisi sehingga belajar dari musik SRV mendapat banyak teknik, lick, turn arround, bending, vibra, dll.
Special thanks to : Mark-CA, Tom S-TX, John-MS also Mr. Budi – Diamond Mountain Studio Bali which have been teaching and fine tuning me. My Warm Regards to Mr. Wolf Marshal for the best lick book you have ever made.
Makasih berat juga pada sesama penggemar blues Indonesia. Mudah-mudahan free site ini akan terus berkembang jadi forum blues.

dikutip dari http://madeblues.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s